Komnas HAM Harap Prabowo-Sandi Punya Inovasi Selesaikan Masalah HAM

Komnas HAM Harap Prabowo-Sandi Punya Inovasi Selesaikan Masalah HAM

30 views
0

Jakarta – Komnas HAM melakukan diskusi bersama dengan Badan Pemenanagan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi setalah sebelum itu mengungang TKN Kubu Petahana. Komnas HAM mengharapkan agar tim Prabowo-Sandi memiliki inovasi untuk menyelesaikan masalah HAM yang masih belum dapat teratasi. Hal itu di sampaikan oleh Wakil Ketua Komnas HAM, Hairansyah di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, pada 20/02/2019.

“Kami beranjak dari data yang masuk ke Komnas HAM, kewajiban negara terhadap HAM masih besar PR negara. Berdasarkan pengaduan hak yang dominan, pertama hak kesejahteraan, keadilan, rasa aman dan hak hidup. Ini menunjukan bahwa ada agenda besar yang harus dilakukan negara dalam menyelesaikan itu,” kata Hairansyah.

Menurut laporan yang di dapat Komnas HAM harus ada jalan pemerintahan dalam menangani persoalan HAM. Dia menilai, bahwa harus ada formulasi dan penguatan kelembagaan dan peraturan perundang-undangan.

“Juga menyangkut proses mediasi sehingga harus ada formulasi dan gagasan yang dibangun oleh paslon untuk menyelesaikan masalah tadi. Baik itu normatif, undang-undang dan persoalan politik lainnya,” tuturnya.

Direktorat tim advokasi BPN, Ansori Sinungan, ketika menjabarkan visi-misi Praboow-Sandi menjelaskan, bahwa BPN akan lebih fokus terhadap peraturan perundang-undangan dan kelembagaan. Ansori menilai, hampir di seluruh peraturan selalu berhubungan dengan hal asasi manusia.

“Untuk masalah HAM tidak terlalu detail disampiakan. Cuma ini tersebar dari bidang sipil, politik dan ekonomi. Semua pelaksanaan hal tersebut apabila kita lakukan dengan baik sesuai dengan tugas kita masing-masing terutama aparat pemerintah HAM sudah dilaksanakan semua. Termasuk masalah penegakan hukum,” jelas Ansori.

“Di dalam program Prabowo-Sandi. Bahwa apabila terpilih maka akan fokus pada masalah perundangan-undangan yang menyangkut HAM, hampir semua perundang-undangan tidak ada yang tidak terkait di semua bidang, dan penguatan struktur kelembagaan,”sambungnya.

Komnas HAM Harap Prabowo-Sandi Punya Inovasi Selesaikan Masalah HAM

Komnas HAM Harap Prabowo-Sandi Punya Inovasi Selesaikan Masalah HAM (rakyataktual.com)

Komisioner Komnas Perempuan, Saur Iyur Situmorang yang datang di dalam diskusi itu menanggapi visi-misi Prabowo-Sandi. Yang di nilainya belum ada tindakan nyata yang terdapat dalam visi-misi Prabowo-Sandi untuk menangani kasus kekerasan terhadoa perempuan dan pelanggaran HAM berat di masa lalu.

“Pelanggaran HAM masa lalu tadi juga belum muncul ya seperti apa. Kita tidak bisa melihat pelnggaran HAM masa lalu ini menjadi sejarah kita yang berkepanjangan. Kalau ini tidak diselesaikan maka anak cucu kita akan memikul beban sejarah hitam itu,” kata Saur.

“Oleh karena itu kami melihat ini harus segera dituntaskan jangan sampai menunggu sampai habis generasi, katakanlah orang-orang yang bertanggungjawab pada masa itu habis dulu baru kita bicara tentang itu. Ini perlu segera diselesaikan,” tambahnya.

Juru bicara direktorat advokasi BPN, Habiburokhman mengatakan, pemecahan kasus HAM masa lalu merupakan tanggungjawab negara. Sampai harus memilih jaksa agung yang netral dan kompeten agar di jauhi dari kepentingan politik golongan tertentu.

“Jadi menurut saya penting penuntutan jaksa agung bukan kader partai politik dan tidak berlatar belakang kedekatan dengan kelompok politik tertentu. Karena bicara hukum dan HAM adalah dua hal yang selalu berkaitan. Misalnya sekarang ada satu pihak mengatakan kasus tersebut memiliki bukti yang kuat untuk ditingkatkan ke penyidikan. Tapi jaksa agung tidak menindaklanjutinya. Karena ada tuduhan-tuduhan keterkaitan dengan pihak tertentu dengan kasus pelanggaran HAM di masa lalu,” pungkasnya.

About author