Pembenahan Transportasi Massal Dapat Bantu Selesaikan Tingginya Impor Migas

Pembenahan Transportasi Massal Dapat Bantu Selesaikan Tingginya Impor Migas

10 views
0

Jakarta – Tingginya impor migas seharusnya dapat segera di selesaikan. Karena, impor migas dapat memberatkan neraca perdagangan nasional. Pakar Energi Fathorrahman menyatakan, bahwa salah satu cara yang dapat membantu menyelasaikan tingginya impor migas yakni dengan lewat pembenahan transportasi massal, terutama di wilayah perkotaan. Tetapi, pembenahan transportasi massal tersebut harus terancang dengan benat atau tidak terburu-buru.

Dia mengatakan, bahwa peningkatan transportasi perkotaan yang tergesa-gesa tersebut semacam halnya light rail transit (LRT) yang terdapat di Palembang. Hal itu di sampaikannya ketika berada di Media Center Prabowo-Sandi, di Jl. Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 07/02/2019.

“Jangan grasak-grusuk seperti LRT di Palembang. Harus ada perencanaan yang prudent tapi jangan lelet,” ungkap Fathorrahman.

Fathorrahman menjelaskan, bahwa pembangunan light rail transit (LRT) Palembang tergesa-gesa sebab, pendapatan dari tiketnya tak dapat menutupi biaya pembangunannya.

“Jadi biaya operasinya saja tidak bisa menutupi, atau penghasilan tiketnya tidak bisa menutupi biaya operasinya, belum biaya investasinya. Kalau orang bisa melakukan analisa secara ekonomi, ini pakai hitung-hitungan bagaimana jangan-jangan yang dipakai metode rule of thumb, parah lagi trial and error,” jelasnya.

Pembenahan Transportasi Massal Dapat Bantu Selesaikan Tingginya Impor Migas

Pembenahan Transportasi Massal Dapat Bantu Selesaikan Tingginya Impor Migas (rakyataktual.com)

Kemudian, dia menambahkan, bahwa salah satu cara yang dapat membatasi impor migas, yakni dengan mendukung penggunaan bahan bakar nabati. Dan juga mendukung penggunaan kendaraan listrik. Dia juga menyatakan, bahwa keputusan tersebut bukan merupakan keputudan yang mudah.

“Pilihannya memang bukan pilihan gampang, sulit. Sebagian sudah dikerjakan pada 2018, misalnya penggunaan biofuel, kemudian sekarang ramai-ramai kelihatannya kendaraan listrik tapi kita lihat policy akhirnya,” tambahnya.

Dengan seperti itu, di harapkan agar pada nantinya kesejahteraan perekonomian di masyarakat akan semakin bertambah. Bila nantinya pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno bisa mengelola kekayaan alam yang ada di Indonesia ini. Kemudian dengan begitu, dapat meningkatkan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia.

About author

Your email address will not be published. Required fields are marked *