Seknas Prabowo-Sandi Kampanyekan Kantong Belanja Dari Kertas

Seknas Prabowo-Sandi Kampanyekan Kantong Belanja Dari Kertas

14 views
0

Jakarta – Minggu (6/1/2019) M. Taufik yang merupakan Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Relawan Prabowo-Sandi mengatakan bahwa kubunya akan menurunkan sejumlah relawannya ke 3 kota yang ada di Indonesia untuk mengkampanyekan penggunaan kantong belanja yang terbuat dari kertas (Paper Bag).

Adanya gerakan tersebut yang diadakan di Kantor Pusat Prabowo-Sandi di Jl HOS Cokroaminoto, Menteng Jakarta Pusat. Ketua Seknas tersebut menyatakan bahwa adanya gerakan yang diadakan di Jakarta, Semarang, dan juga Pekanbaru. Dan menargetkan pasar-pasar tradisional sebagai tujuan utamanya.

“Jadi kami akan menggerakkan relawan untuk menukarkan kantong belanja plastik dengan kantong belanja berbahan kertas dari kami sebanyak 20 ribu buah di tiga kota tersebut dengan menyasar pasar-pasar tradisional,” jelas M. Taufik.

Bagi M. Taufik bahwa gerakan tersebut bermula dari kegundahan dari Seknas Prabowo-Sandi terhadap padatnya pemakaian plastik untuk bahan dasar kantong belanjaan, yang menyebabkan sulitnya terurai oleh tanah.

“Berdasarkan penelitian dari para ahli penggunaan plastik di Jakarta sudah mengkhawatirkan dan bahan itu sulit terurai serta berbahaya, sehingga ada kepedulian dari kami untuk mendorong masyarakat agar mengurangi penggunaan kantong belanja dari plastik,” tuturnya.

“Dan jika diteliti, penggunaan kantong plastik itu justru banyak di pasar tradisional, kalau di mall atau pusat perbelanjaan modern sudah banyak menggunakan ‘paperbag’ juga,” tambahnya.

Seknas Prabowo-Sandi Kampanyekan Kantong Belanja Dari Kertas

Seknas Prabowo-Sandi Kampanyekan Kantong Belanja Dari Kertas

Selain membidik pasar-pasar tradisional, Ketua Seknas Prabowo-Sandi juga akan membimbing relawan yang ada di dermaga-dermaga di Jakarta yang akan menyebrang ke Kepulauan Seribu untuk mengganti kantong plastik dengan kantong belanja yang terbuat dari kertas.

“Ini adalah wujud kepedulian kami pada lingkungan karena kantong belanja dari kertas lebih mudah terurai, besok Senin (7/1/2019) kami akan mulai gerakan ini dengan menerjunkan 1 sampai 5 relawan di setiap pasar di Jakarta yang berjumlah sekitar 153,” akhir M. Taufik.

Di cover  bagian depan kantong belanja kertas yang diberikan Seknas Prabowo-Sandi berwarna coklat muda yang tertulis ” Peduli Lingkungan, Adil Makmur Bersama Prabowo-Sandi”. Sedangkan dibelakang tersebut terdapat foto Prabowo-Sandi yang mengenakan jas berwarna hitam serta peci hitam layaknya foto yang terpampang di foto suat suara.

Dan keterangan terakhir berada di bagian bawah kantong belanja tersebut yang tertuliskan tentang bahaya yang dihasilkan oleh kantong plastik. Yang dapat berbahaya bagi lingkungan maupun kesehatan manusia.

About author