Semangat Jepang Hadirkan Truk Canggih Di Indonesia

Semangat Jepang Hadirkan Truk Canggih Di Indonesia

6 views
0

Tak hanya produsen mobil pasangger yang menciptakan mobil listrik dan otonom, produsen mobil komersial seperti UD Trucks Global juga telah mempunyai truk listrik berteknologi otonom. Bahkan UD Trucks siap memasarkan truk otonom di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Presiden Grup Truck Asia Sales Jaques Michel mengatakan saat ini Volvo dan UD Truck telah memiliki truk listrik otonom dan siap beroprasi. Hal ini untuk menyiasati tingginya biaya upah sopir serta makin sulitnya mendapatkan pengemudi, UD Trucks memutuskan memproduksi truk listrik otonom tahun 2020 mendatang.

“Saat ini masih berupa prototipe. Namun akan segera dibuat versi produksi massalnya setahun kemudian agar bisa dilakukan  ujicoba oleh para calon pelanggan potensial UD Trucks untuk dioperasikan harian,” tutur Jaques Michel saat acara kompetisi UD Trucks Extra Mile Challenge 2018 di Jepang 22-25 Oktober. Strategi UD Trucks ini diambil sekaligus juga untuk memangkas biaya logistik mengingat pasar tenaga kerja sopir berkualifikasi baik di Jepang amat ketat. Tak hanya di Jepang bahkan di seluruh dunia.

Semangat Jepang Hadirkan Truk Canggih Di Indonesia

“Truk otonom dan listrik bisa menekan biaya pengeluaran perusahaan, termasuk gaji sopir. Truk ini akan dipasarkan di seluruh dunia,” tutur Jaques. Ketika ditanya apakah Indonesia bisa merasakan teknologi truk otonom tersebut nantinya, Jaques sambil tersenyum mengatakan tentu saja bisa.” Indonesia adalah pasar terpenting bagi UD Trucks pasalnya di Indonesia segala sektor usaha ada disana, dari  pertambangan, perkebunan dan cargo. Kita sangat bersemangat mendatangkan truk otonom, asal sarana dan prasarana di Indonesia sudah memadai,” tegas Jaques

Industri Automotif di Jepang sendiri telah melakukan ujicoba truk platooning yang melibatkan beberapa truk sekaligus yang melaju bersamaan secara seri di jalan raya dan jalan tol dengan memanfaatkan fitur dan teknologi konektivitas, awal tahun 2018 ini. Ikut terlibat dalam ujicoba truk platooning ini adalah UD Trucks, Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corp., Isuzu Motors Ltd. dan Hino Motors Ltd.

About author