Beberapa Tips Mempersiapkan MPASI Bayi Untuk Bepergian

Beberapa Tips Mempersiapkan MPASI Bayi Untuk Bepergian

8 views
0

Jalan-jalan dengan bayi pastinya menyenangkan, tapi jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan bayi sepanjang perjalanan agar bayi tetap nyaman. Nah, salah satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan adalah makanan untuk bayi selama perjalanan. Terlebih jika bayi sudah tidak menyusu ASI lagi. Bagaimana, sih, cara mempersiapkan MPASI bayi untuk berpergian? Ayo, simak tipsnya berikut ini.

Bagaimana mempersiapkan MPASI bayi untuk bepergian?

Bepergian dengan bayi bukanlah alasan bayi menjadi kurang asupan makan. Dengan persiapan yang baik untuk membawa bekal makanan bayi, hal ini bisa dihindarkan. Selain agar asupan makan bayi tetap terjaga, membawa bekal makanan juga dapat membuat bayi lebih nyaman selama di perjalanan. Nah, ini dia tips mempersiapkan MPASI bayi untuk bepergian.

Beberapa Tips Mempersiapkan MPASI Bayi Untuk Bepergian

1. Bawa bekal makanan yang praktis

Selama bepergian, tentu alat dan bahan untuk mempersiapkan MPASI bayi menjadi terbatas. Nah, makanan bayi yang praktis menjadi solusi selama dalam perjalanan. Contohnya pepaya, roti, biskuit bayi, kentang rebus, dan sereal. Untuk bayi di bawah usia 1 tahun atau yang belum bisa makan makanan padat, Anda bisa membawa buah dalam bentuk pure. Misalnya pure pisang, pure pepaya, pure mangga, dan lainnya. Sedangkan, untuk bayi di atas 1 tahun atau yang sudah bisa mengunyah makanannya, Anda bisa membawakannya buah potong.

2. Anda juga bisa menyiapkan MPASI homemade sebelum bepergian

Selain membawakan makanan praktis yang bisa langsung dimakan bayi, Anda juga bisa menyiapkan makanan olahan sebelum bepergian. Contohnya saja seperti bubur yang berisikan sayuran serta lauk. Anda cukup merebus beras dalam air secukupnya. Kemudian, masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong, seperti wortel dan brokoli. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam dan daging. Aduk hingga kental seperti bubur. Tunggu hingga dingin dan masukkan dalam wadah yang tertutup rapat.

Anda bisa membawa bekal MPASI ini dalam 2-3 porsi, sehingga bisa untuk 2-3 kali makan. Nah, sebelum memberikannya ke bayi, Anda bisa menghangatkannya dengan cara merendam wadah makanan tersebut dalam mangkuk yang berisikan air panas. Atau, jika sedang di restauran, Anda bisa minta tolong pada pelayan untuk menghangatkannya di microwave. Tentunya, MPASI homemade ini lebih kaya gizi, sehingga tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi dalam sehari.

3. Simpan makanan dengan baik

Tentunya Anda harus menyediakan tempat khusus untuk makanan bayi. Selain, tempat makan atau toples, Anda juga perlu membawa mangkuk, sendok, dan botol minum. Nah, pilihlah peralatan makan bayi ini yang bebas BPAsehingga aman untuk bayiAnda mungkin juga perlu membawa cooler bag atau cooler box untuk menyimpan makanan bayi. Jangan lupa juga untuk membawa termos berisi air panas untuk membuat susu atau untuk mencuci tempat makan bayi sebelum digunakan.

4. Jangan lupa bawa lap

Ini dia salah satu barang yang jangan sampai ketinggalan. Lap basah atau tisu dirasa sangat perlu untuk dibawa dalam perjalanan. Selain untuk membersihkan mulut dan tangan bayi yang kotor karena ketumpahan makanan, lap atau tisu juga bisa menghindari makanan agar tidak tumpah ke baju bayi. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengganti baju bayi karena kotor setelah makan.

About author