Inilah Kesalahan Saat Olahraga Yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Inilah Kesalahan Saat Olahraga Yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

8 views
0

Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan terasa lebih bugar dan tidak mudah sakit. Namun, hati-hati untuk Anda yang baru mulai rajin berolahraga alias pemula, Anda mungkin terlalu bersemangat di awal olahraga. Alhasil, Anda sampai tidak sadar bahwa telah melakukan beberapa kesalahan yang justru membuat tubuh rentan mengalami cedera.

Inilah Kesalahan Saat Olahraga Yang Sering Dilakukan Oleh Pemula

Lantas, apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga untuk pemula? Baca terus ulasan berikut ini.

Berbagai kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga untuk pemula

Sebagai pemula, Anda tentu berharap rutinitas olahraga ini akan memberikan hasil yang maksimal. Akan tetapi, rencana Anda bisa terancam gagal kalau Anda melakukan kesalahan yang umum dilakukan saat olahraga untuk pemula seperti berikut ini.

1. Olahraga terlalu berlebihan

Bagi Anda yang baru mulai berolahraga, terkadang Anda terbawa suasana untuk berolahraga sesering mungkin. Saking semangatnya, Anda bisa melakukannya secara berlebihan. Hati-hati, kebiasaan ini justru berisiko membuat Anda cedera. Para ahli mengungkapkan bahwa kebanyakan kasus cedera disebabkan oleh olahraga yang terlalu diforsir.  Pasalnya, otot-otot tubuh terus mengalami kontraksi tanpa diberikan jeda waktu untuk istirahat dan pemulihan.

Untuk mengatasinya, Anda tak perlu terburu-buru untuk membuat olahraga menjadi intens. Mulailah secara perlahan dan pahami kemampuan tubuh Anda sendiri. Hindari mengangkat beban yang terlalu berat atau melakukan peregangan yang terlalu kuat bila tubuh Anda belum cukup lentur.

2. Tidak berpengalaman

Sebagai pemula, wajar bila Anda tidak berpengalaman untuk melakukan olahraga apa pun, termasuk untuk mulai nge-gym. Anda mungkin juga tidak tahu bagaimana cara melakukan olahraga tersebut. Itulah sebabnya Anda perlu mencari tahu seluk-beluk olahraga yang akan Anda pilih terlebih dahulu. Ambil contoh, Anda ingin mulai aktif yoga tapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Nah, mintalah bantuan ahlinya untuk membantu Anda memahami manfaat dan cara melakukan yoga dengan baik dan benar. Sama halnya bila Anda ingin mulai fitness di tempat gym, Anda perlu berkonsultasi dengan personal trainer atau pelatih terlebih dahulu sebelum memulainya. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari risiko cedera saat berolahraga.

3. Menunda olahraga

“Saya akan mulai olahraga besok,” adalah alasan yang paling banyak digunakan saat ingin olahraga untuk pemula. Biasanya, kalimat tersebut diucapkan ketika seseorang merasa malas dan berdalih membutuhkan waktu yang tepat untuk berolahraga. Semakin lama Anda terlena dengan menunda-nunda olahraga, Anda tentu tidak akan pernah memulai olahraga. Alhasil, Anda pun tidak akan mencapai target kebugaran yang selama ini diidam-idamkan.

Satu-satunya cara untuk memutus rantai kemalasan tersebut adalah dengan memulai olahraga hari ini. Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga, misalnya sebelum pergi ke kantor atau sesudahnya. Kalau Anda berencana pergi nge-gym setelah bekerja, bawa perlengkapan olahraga saat Anda pergi ke kantor. Sebab, ketika Anda harus pulang dulu ke rumah untuk berganti pakaian, Anda kemungkinan akan tergoda untuk duduk di sofa dan menonton acara TV favorit Anda ketimbang pergi ke gym.

4. Cepat bosan

Suatu hal yang wajar bila Anda merasa jenuh saat sudah mulai terbiasa berolahraga. Dari yang awalnya mampu berjalan di atas alat treadmill selama 30 menit, kini 3 menit pertama saja terasa seperti satu jam. Akibatnya, Anda kian malas untuk meneruskan olahraga yang sudah susah-susah Anda bangun. Steve Ettinger, seorang ahli kebugaran, mengungkap kepada Men’s Journal bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu di tempat gym juga bisa membuat Anda cepat bosan. Menurutnya, menghabiskan waktu dua jam di tempat gym dirasa tidak efektif untuk berolahraga dan dapat memicu kebosanan.

Semua itu mungkin menjadi pertanda bahwa olahraga tersebut bukanlah olahraga yang tepat untuk Anda. Jadi, pilihlah olahraga yang Anda sukai agar Anda menjalaninya tanpa beban. Anda juga bisa mengajak pasangan atau teman untuk berolahraga bersama agar olahraga terasa lebih menyenangkan. Bila tetap merasa bosan, pilihlah jenis olahraga lainnya – seperti jogging di sekitar komplek – untuk menghadirkan suasana baru.

5. Olahraga tanpa rencana

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan saat olahraga untuk pemula adalah tidak mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Misalnya saja, Anda sudah berhasil mengusir rasa malas Anda dengan pergi ke tempat gym, tapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Pada dasarnya, olahraga tanpa rencana hanya akan membuang-buang waktu Anda saja. Sekali lagi, segera cari tahu olahraga apa yang akan dipilih sebelum pergi ke gym.

Siapkan hal-hal yang dapat mendukung suasana olahraga, misalnya menyetel musik favorit. Kalau Anda masih kesulitan untuk menemukan jenis olahraga yang cocok untuk anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan trainer yang ada.

6. Tidak konsisten

Seorang pemula sering kali melewatkan olahraga ketika merasa lelah dan malas. Padahal, rahasia mendapatkan tubuh yang bugar adalah konsisten. Ingat, tidak ada jenis olahraga apa pun yang dapat memberikan hasil instan. Anda boleh sesekali melewatkan olahraga bila memang tidak memungkinkan, misalnya karena sedang sakit. Namun ingat, sekali berhenti berolahraga bisa memicu rasa malas berolahraga kemudian.

Namun, bukan berarti Anda lantas keterusan untuk tidak berolahraga, ya! Buatlah jadwal agar Anda lebih rutin berolahraga setidaknya dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika terlalu sulit, kurangi rutinitas olahraga hanya satu hari dalam seminggu, asalkan tidak melewatkannya.

7. Merasa tidak nyaman

Memilih jenis olahraga memang harus disesuaikan dengan target yang hendak dicapai. Namun ingat, olahraga yang Anda pilih harus membuat Anda nyaman terlebih dahulu. Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan saat olahraga untuk pemula adalah memilih jenis olahraga apa pun tanpa memikirkan kenyamanannya. Padahal, rasa nyaman saat berolahraga akan memengaruhi seberapa besar Anda konsisten untuk menjalankannya.

Kalau Anda sudah merasa nyaman dengan satu jenis olahraga, maka ini akan membuat Anda rutin menjalaninya dengan konsisten. Begitu pula sebaliknya. Maka itu, pilihlah tempat gym dan jenis olahraga yang Anda sukai. Bila Anda tidak suka berolahraga di tempat gym, temukan sudut dalam rumah di mana Anda merasa nyaman untuk berolahraga. Contohnya di ruang santai, halaman belakang, dan tempat lainnya.

8. Banyak alasan

Kesalahan yang paling sering mengganggu target olahraga untuk pemula adalah terlalu banyak alasan untuk olahraga. Misalnya saja, Anda merasa tidak punya waktu, merasa lelah setelah seharian kerja di kantor, cuaca buruk, dan sebagainya. Pada dasarnya, Anda selalu memiliki waktu untuk rutin berolahraga. Hanya saja, hal ini tergantung pada bagaimana Anda menempatkan prioritas pada setiap kegiatan Anda. Sesibuk apapun diri Anda, bila sudah telanjur rutin berolahraga, maka Anda akan tetap berolahraga apa pun alasannya. Oleh sebab itu, segera lawan rasa malas Anda dan mulailah berolahraga.

About author