Lewat Jalur SNMPTN, ITS Terima 1.150 Pendaftar

Lewat Jalur SNMPTN, ITS Terima 1.150 Pendaftar

9 views
0

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah diumumkan. Sebanyak 1.150 dari 13.003 calon mahasiswa yang mendaftar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dinyatakan lulus. Kasubdit Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolahan Kuliah Bersama ITS Eng Siti Machmudah mengatakan jumlah tersebut 1.150 tersebut terdaftar di 10 fakultas di ITS. Mayoritas calon mahasiswa yang lulus terdaftar di Fakultas Teknologi Elektro, jurusan Teknik Elektro.

Lewat Jalur SNMPTN, ITS Terima 1.150 Pendaftar

Tercatat sebanyak 73 calon mahasiswa yang lulus dan terdaftar pada program studi tersebut. “Kalau tahun lalu, jurusan yang paling diminati adalah Tehnik Informatika,” kata Siti. Menurut Siti, perubahan tren peminatan tersebut disebabkan adanya permintaan dari perusahaan-perusahaan terkemuka. Sehingga, jurusan Teknik Elektro dianggap sebagai program studi dengan kesempatan kerja paling tinggi.

Selain itu, Siti mengklaim bahwa perubahan tren tersebut juga dipengaruhi faktor internal. Dia mengatakan, ITS sudah berupaya meningkatkan kualitasnya sejak berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). “Alumni Teknik Elektro ITS banyak yang diterima kerja oleh beberapa perusahaan terkenal,” kata Siti.

Tak hanya calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur reguler. Sebanyak 146 dari 2,343 calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur bidikmisi juga dinyatakan lulus. “Angka tersebut tentu akan semakin mendongkrak animo calon mahasiswa baru saat emutuskan pilihannya kuliah di kampus ITS,” katanya.

About author