Perlakuan Buruk Yang Tanpa Disadari Sering Dilakukan Orang Tua Terhadap Anak

Perlakuan Buruk Yang Tanpa Disadari Sering Dilakukan Orang Tua Terhadap Anak

9 views
0

Anak merupakan titipan Tuhan yang sudah sepatutnya kita jaga, rawat, dan lindungi. Jika orang tua menginginkan ankanya berperilaku dengan baik dan masa depan yang baik pula maka orang tua juga harus melakukan hal yang sama, yaitu melakukan hal yang terbaik bagi buah hatinya. Memang, menjadi orang tua yang baik itu memerlukan usaha yang keras namun, apapun itu alasannya jika sudah menjadi kewajiban anda sebagai orang tua bagi si anak untuk mendidiknya dengan baik.

Perlakuan Buruk Yang Tanpa Disadari Sering Dilakukan Orang Tua Terhadap Anak

Namun terkadang, tanpa disadari orang tua terlalu ekstrem dalam memberikan pendidikan kepada anaknya dan juga melalaikan tugasnya sebagai orang tua, padahal mereka menginginkan anak-anak mereka tumbuh dengan baik. Simak dibawah ini beberapa hal yang tanpa anda sadari mungkin pernah anda lakukan terhadap anak.

1. Tidak Menganggapi Pendapat Anak Dengan Baik

Menanggapi perihal ini, maka berikan kesempatan untuk mereka bertanya dan menyelesaikan pertanyaan mereka sampai usai, jangan suka menghiraukannya karena hal itu akan berdampak buruk bagi perkembangan diri si anak nantinya.

2. Melarang Anak Tanpa Ada Penjelasan Yang Jelas

Sering kali orang tua melarang anaknya untuk melakukan sesuatu tanpa menyebutkan alasan dibalik larangan itu. Akibatnya, anak jadi patuh karena takut pada orang tuanya, bukan karena mereka benar-benar paham pada larangan tersebut.

3. Terlalu Memanjakan Anak

Membantu anak merupakan hal wajar yang dilakukan oleh orang tua. Namun ternyata, terlalu sering membantu anak justru tidak baik. Orang tua harus dapat membiarkan anak untuk melakukan berbagai hal sendiri. Dengan hal ini, anak ini pun dapat menjadi pribadi yang mandiri.

4. Terlalu Egois Menjadi Orang Tua

Memberikan dukungan pada anak tentu hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Namun, menganggap kesuksesan mereka sebagai kesuksesan anda? Mungkin pada saat anak masih kecil, hal ini menjadi hal yang wajar. Seiring bertambahnya usia anak, hal ini menjadi hal yang membuat anak merasa tidak nyaman.

5. Pilih Kasih

Ketika anak sudah mampu berbicara, berilah ia kesempatan untuk berbicara. Misalnya, dalam memilih kado ulang tahun, biarkanlah anak untuk memilih hadiahnya sendiri. Hal ini membantu anak untuk menjadi pribadi yang dapat membuat keputusan dan menentukan pilihan.

6. Memaksa Mereka Untuk Mengerti Dalam Waktu Singkat

Memaksa anak untuk mengerti apa yang diperintahkan oleh agama, adat istiadat dan larangan dalam waktu yang singkat tentunya hal yang perlu orang tua perhatikan juga. Anak butuh proses dan waktu yang panjang untuk bisa mengerti berbagai dalam hidupnya dan tak semata harus dipaksa harus mengerti pada waktu yang relative singkat dan hal ini dapat membuat pemberontakan dalam diri si anak dan akan berakibat buruk dalam perkembangannya nanti.

7. Tak Peduli Dengan Kehidupan Anak 

Kejadian ini tentunya masih banyak terjadi, dimana orang tua terlalu sibuk dengan urusan mereka masing-masing tanpa menyisakan waktu mereka untuk anak-anak mereka untuk sekedar bertanya hari ini sekolah atau tidak, belajar apa dan melakukan apa saja hari ini. Dengan kondisi tersebut, maka akan memberikan jarak dan perantara jauh antara orang tua dan anak dan bisa jadi pertanda buruk jika mereka tidak akan mengenal anda sebagai orang tua yang bertanggungjawab dan baik.

 

About author