Mengenal Skala Richter, satuan ukur Gempa Bumi

Mengenal Skala Richter, satuan ukur Gempa Bumi

20 views
0

Jakarta diguncang gempa, pusat gempa berada di Banten berjarak sekitar 140 kilometer. Jarak dari pusat gempa ke Jakarta membuktikan bahwa skala gempa tersebut cukup besar. ttapi, di balik kekuatan gempa, tahukah Anda tentang skala Richter yang sering digunakan untuk menyatakan satuan kekuatan gempa?

1. Richter, penemu skala gempa asal amerika
Orang pertama yang menemukan unit skala ini adalah Charles Francis Richter. Ilmuwan asal Amerika Serikat ini lahir pada tahun 1900. Pada usia 35 tahun, ia menemukan cara untuk mengukur terjadinya gempa.

2. Selain Richter, ada beberapa skala ukuran gempa
Richter saat ini merupakan skala yang paling umum digunakan, sebenarnya ada beberapa ukuran lain yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa, seperti Mercalli, Volcanic Explosivity Index (VEI). Skala richter menitik beratkan pada amplitudo maksimal rata rata sebuah gempa. sedangkan skala mercalli menitik beratkan pada efek kerusakan yang dihasilkan oleh suatu gempa

3. Gempa terbesar yang pernah tercatat adalah 9,5 pada skala Richter
Gempa terbesar tercatat dalam sejarah terjadi di Cile pada tahun 1960 dengan skala 9,5 Richter. Gempa tersebut menyebabkan 1655 orang meninggal dan menyebabkan Tsunami. Gelombang tsunami yang disebabkan oleh gempa di Cile saat itu juga menewaskan puluhan orang di Jepang, Hawaii, dan Filipina.

About author