Inilah Rumah Nabi Muhammad SAW

Inilah Rumah Nabi Muhammad SAW

5 views
0

Nabi Muhammad SAW hidup dalam kesedeNabi Muhammad SAW hidup dalam kesederhanaan dan kemiskinan.rhanaan dan kemiskinan. Meski beliau adalah seorang Rasul dan pemimpin seluruh umat Islam, tapi Rasulullah lebih memilih hidup sederhana saja.

Inilah Rumah Nabi Muhammad SAW

Kesederhanaan Rasulullah tercermin dari rumah yang jadi tempat tinggalnya bersama keluarga yang terletak di pojok Masjid Nabawi, tepatnya di tempat yang sekarang sudah dijadikan makam Nabi Muhammad.

Imam Bukhori dalam kitab shohih adabul mufrodkarya menyebutkan bahwa Daud Bin Qais berkata:

“Saya melihat kamar Rasulullah saw atapnya terbuat dari pelepah kurma yang terbalut dengan serabut, saya perkirakan lebar rumah ini, kira kira 6 atau 7 hasta (1 hasta = 0,45 meter), saya mengukur luas rumah dari dalam 10 hasta, dan saya kira tingginya antara 7 dan 8, saya berdiri dipintu aisyah saya dapati kamar ini menghadap Maghrib (Marocco)”.

Jadi, rumah Rasulullah panjangnya tidak lebih dari 5 meter, lebarnya hanya 3 meter dan tinggi atap 2,5 meter. Hal ini menjadi bukti bahwa Nabi Muhammad dulu hidup dalam kesederhanaan.

Tidak ada lagi alasan mengeluh beribadah karena kondisi ekonomi yang tidak memadai. Rasulullah saja yang hidup dalam kemiskinan mampu meningkatkan iman dan taqwa nya di depan Allah SWT.

About author