Mengeksplor Budaya Nusantara di SeniKome Peng Heng

Mengeksplor Budaya Nusantara di SeniKome Peng Heng

6 views
0

Mengeksplor Pameran Adat istiadat Nusantara di SeniKome Peng Heng. Kami diajak untuk mengeksplor pameran adat-istiadat khas Nusantara di SeniKome Peng Heng, Resorts World Genting.

Mengeksplor Budaya Nusantara di SeniKome Peng Heng

Sebab, tidak hanya didaur dengan modernitas dan eleganitas budaya barat, eksistensi SeniKome Peng Heng melengkapi destinasi wisata di Resorts World Genting, Malaysia.

Bagiku sendiri sebagai turis Indonesia yang sedang mengunjunginya, apa yang dipamerkan di dalam SeniKome Peng Heng begitu familiar.

Yang terdapat di dalamnya sudah pernah terlihat paling tidak sekali di Bumi Pertiwi dengan angle yang berbeda-beda. Selengkapnya, yuk kita ketahui lebih dalam tentang eksibisi seni budaya ini.

Kombinasi eksplorasi dan inspirasi adat-istiadat ada di sini. Berdiri dengan nama lengkap SeniKome Peng Heng, East Coast Arts & Cultural Centre, eksibisi kebudayaan ini terletak tak jauh dari The Food Factory, lebih tepatnya di Lantai tiga First World Plaza.

Istilah ‘SeniKome‘ mengandung makna ‘Seni Kita’. Kata ‘Kome’ berasal dari dialek lokal di Pahang dan juga digunakan di daerah lain, sementara ‘Péng Hēng’ tercantum di dokumen sejarah masa Dinasti Ming tahun 1520-an yang merujuk pada kawasan Pantai Timur di Semenanjung Tanah Melayu.

Eksibisi ini menampilkan pameran tematik intisari seni dan adat istiadat khas provinsi-provinsi Pantai Timur di Semenanjung Tanah Melayu, seperti Pahang, Kelantan, sampai Terengganu.

Nama yang dimilikinya juga didedikasikan untuk mempromosikan estetika produk buatan tangan lokal di Pantai Timur Malaysia, juga permainan tradisional, makanan sampai musik.

Dari artefak dan lukisan sampai pameran orang asli, SeniKome Péng Hēng menggambarkan pesona khas Péng Hēng, sebuah referensi tradisional atas area Pantai Timur.

Selain menyuguhkan seni dan adat-istiadat, SeniKome Péng Hēng pun memuat lingkungan kreatif dimana kesenian tradisional bisa berkembang melewati aplikasi yang mendalam.

Bila anda menyukai seni visual dan pertunjukan seni seperti wayang kulit, batik, wau dan video, maka telah semestinya eksibisi ini masuk ke dalam daftar itinerary-mu.

Pengunjung juga berkesempatan untuk memainkan permainan ikonik Nusantara, yang juga ramai dimainkan di daerah-daerah Indonesia seperti congkak, batu seremban dan hopscotch yang pasti interaktif.

Demi memberikan pandangan tentang setiap pameran seni adat-istiadat yang ada, diadakan juga tur wisata sebanyak tiga kali sehari yang tentu bisa anda ikuti.

Secara keseluruhan, SeniKome Peng Heng boleh dibilang menjadi salah satu destinasi wajib kala mengunjungi Genting Highlands, karena, eksibisi ini dikenal sebagai ‘sensasi lain’ yang ditawarkan di tengah modernitas yang ada.

Bila sedang bosan dengan elemen modern yang terasa sangat ‘western’ kala menjelajahi Genting Highlands, singgah sebentar ke tempat ini tentunya tak ada salahnya.

Selain suasananya yang nyaman (lantaran tidak terlalu ramai), di sini kita juga berkesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang mungkin baru bagi kita.

About author