Profil: kalimantan Tengah

Profil: kalimantan Tengah

6 views
0

Kalimantan Tengah adalah provinsi di Indonesia yang terletak di pusat Borneo. Kota ini  terkenal dengan industri kelapa sawitnya, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak ada yang dapat dilakukan di sini. Ini menawarkan banyak pemandangan, dari hiking ke memancing di gumuk pasir, di tengah Laut Jawa. Tidak hanya itu, Para wisatawan dapat menyaksikan budaya Dayak, yang dipegelarkan di mengunjungi wilayah ini. Provinsi Kalimantan Tengah adalah salah satu dari lima provinsi di pulau Kalimantan. Provinsi yang biasanya disebut KalTeng adalah provinsi terbesar kedua setelah provinsi Papua. Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah adalah 153 564,50 Kilometer persegi. Provinsi Kalimantan Tengah didirikan pada tanggal 23 Mei 1957 berdasarkan Dasar Hukum UU Darurat Republik Indonesia No. 10 Tahun 1957 tentang “PEMBENTUKAN DAERAH SWATANTRA PROPINSI KALIMANTAN TENGAH DANPENGUBAHAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 1956 (LEMBARAN NEGARAREPUBLIK INDONESIA NOMOR 65 TAHUN 1956)”. Oleh karena itu, Tanggal 23 Mei 1957 diperingati sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah. Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah adalah Kota Palangka Raya.

Kawasan yang dapat dijadikan kawasan wisata yang patut diperhitungkan untuk dikunjungi adalah daerah perbulitan yang memiliki pemandangan yang memukau. Bukit ini disebut Bukit Bolau dan terletak di Tapin Bini, di Kabupaten Lamandau. Diakui sebagai petualangan populer di kawasan ini, dengan melakukan aktifitas mendaki Bukit Bolau, yang dapat memacu adrenalin. Jika para wisatawan menyukai aktifitas hiking, maka  para wisatawan akan menikmati perjalanan ke puncak. Bulit ini memiliki  kemiringan 60 hingga 80 derajat, Selain itu, para wisatawan dapat menikmati alam di sepanjang jalan, mengagumi pohon-pohon kuno dan mendengar nyanyian burung. Setelah berada di atas, Para wisatawan dapat menilkmati hutan tropis yang hijau dan subur. Ini akan menjadi momen yang luar biasa selama liburan di Kalimantan Tengah.

Kawasan yang juga menyimpan eksotisme adalah kawasan sungai Tapin Bini, Para wisatawan akan menikmati panorama sungai di dekat kota kecil, yang disebut Riam Tapin Bini. Riam berarti riam dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu sungai ini merupakan tujuan yang sangat baik untuk arung jeram. Air terjunnya tidak besar tetapi selalu layak dicoba. Jalan dimulai dari hulu, dari hilir ke kota. Tidak hanya untuk arung jeram, berenang di sungai ini juga merupakan keharusan. Airnya sangat segar dan bersih dan Anda tidak akan pernah menemukan hal seperti itu di kota yang penuh sesak. Nikmati menonton burung terbang di sekitar hutan. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat tingang, burung yang orang Dayak anggap simbol kekuasaan.

Kawasan Tapin Bini benar-benar tahu bagaimana menyambut turis dan dia memiliki banyak hal yang ditawarkan. Hal lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah menghabiskan malam bersama keluarga Dayak. Anda akan tinggal di rumah keluarga setempat, yang tidak dapat para wisatawan temukan di luar Kalimantan. Rumah jenis ini disebut Rumah Betang dan terbuat dari kayu ulin. Orang-orang Dayak sangat baik dan lucu, dan mereka akan mengajari para wisatawan budaya sambil menceritakan hal-hal menarik kepada para wisatawan. Dan jangan khawatir tentang bahasa, ada pemandu wisata yang akan senang menjadi pemandu para wisatawan.

About author