Danau Napabale, Zamrud Tersembunyi di Sulawesi

Danau Napabale, Zamrud Tersembunyi di Sulawesi

89 views
0

Danau Napabale adalah danau yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Terletak di kaki bukit, terhubung ke laut melalui terowongan alami. Saat surut, pengunjung dapat melewati terowongan. Namun, jika air lautnya Pasang, maka sangat berbahaya untuk berenang karena air laut akan naik ke ketinggian setengah meter di atas terowongan alami. Danau Napabale terletak ± 15 Km dari Raha, ibu kota Kabupaten Muna.

Pada dasarnya, objek wisata Danau Napabale telah banyak dikunjungi para wisatawan lokal dan luar daerah, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Muna belum mengelola secara baik kawasan wisata tersebut sebagai kawasan potensial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lokasi wisata di danau ini. .Danau Napabele ini memiliki keunikan, ketika Air laut surut para wisatawan dapat mengunjungi terowongan sepanjang 42 meter dan lebar 10 meter. Cara melintasi terowongan biasanya dengan mengunakan sebuah perahu, namun kita ekstra hati-hati ketika air laut sedang pasang, sebab air dapat menggenangi semua permukaan terowongan. Keunikan lain yang dapat dirasakan oleh para wisatawan adalah rasa air danau Napabele ini tidak seperti air danau lain, yang memiliki rasa tawar. Air di danau ini terasa asin. Hal lain yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, saat mereka melintasi jalan menuju Danau di Sulawesi Tenggara, mereka akan menjumpai beberapa situs patung maupun prasati kuno peninggalan zaman prasejarah  yang terletak diatas bukit, ada beberapa museum disana yaitu Museum Purbakala Liang Kobori dan museum purbakala Metandun.

Menurut masyarakat setempat, air danau berasa asin dikarenakan Danau Napabale Sulawesi mendapatkan suplai air dari laut melalui terowongan. Banyak ikan besar yang hidup di Danau oleh karena itu jika anda berkesempatan berkunjung ke daerah anda akan menjumpai para nelayan yang sedang menangkap ikan. Keindahan pemandangan alam di Sulawesi dan Danau Napabale bisa dinikmati oleh para wisatawan, dengan cara berlayar di atas perahu atau juga bisa dengan cara diving atau menyelam ke alam bawah laut. Hal yang menarik lainnya Napabale juga dikelilingi oleh tebing yang curam dan perbukitan yang tinggi dan terjal dengan ragam flora dan fauna yang hidup di atasnya, hingga menjadikan pemandangan Napabale semakin mempesona para wisatawan. Tidak hanya menikmati pemandangn di sekitar area danau saja, para wisatawan juga dapat mengunjungi sebuah gua, yang merupakan peninggalan nenek moyang. dijuluki oleh penduduk lokal dengan nama Liang kabori. Didalam gua, para wisatawan akan menemukan lukisan zaman purbakala yang terpahat seperti stalaktit dan stalakmit. Sebenarnya, di daerah danau Napabele ini, terdapat tujuh gua, yang dapat dijadikan obyek wisata seperti: Goa lokalomba, Sugitani, Toko, La tanggara, Pamisa, Metadundo, Kabori dan Pinda

About author